Meniti Jejak Salafus Shaleh

Post Page Advertisement [Top]

⛓🔫 BENARKAH GERAKAN WAHABI MEMBERONTAK TERHADAP DAULAH 'UTSMANIYYAH??

⚔🇸🇦 Semata-mata atas berkat rahmat Allah dan karunia-Nya, gerakan dakwah Tauhid yang dikibarkan oleh al-Mujaddid asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab — rahimahullah — di Najd, dengan dukungan al-Amir Muhammad bin Sa'ud — rahimahullah —  berhasil menegakkan Daulah Islamiyyah SAUDI ARABIA. Sebagai wujud upaya menegakkan Tauhid di muka bumi dan melaksanakan Syari'at Islam. Yang membawa membawa misi RAHMATAN LIL 'ALAMIN. Di antara buah nyata dakwah ini adalah memberikan pencerahan dan membangkitkan semangat berjihad melawan penjajahan dan terorisme bangsa kafir Eropa. Pengaruh nyata itu juga dirasakan hingga di Nusantara ini.
🌑 Banyak pihak yang memutarbalikkan fakta. Di antaranya dengan cara menuding bahwa dakwah "Wahhabi" dengan aktivitasnya telah melakukan pemberontakkan terhadap Daulah 'Utsmaniyyah.
🏁 Benarkah demikian?

🎗 Berikut penjelasan asy-Syaikh al-'Allamah 'Abdul 'Aziz bin Baz rahimahullah :

🛡"asy-Syaikh Muhammad bin 'Abdil Wahhab TIDAK MEMBERONTAK terhadap Daulah Khilafah 'Utsmaniyyah — sebagaimana yang aku tahu dan aku yakini —
🗺🖼 Ketika itu di wilayah Najd TIDAK ADA kepemimpinan atau pemerintah di bawah Turki. Namun yang ada di Najd ketaka itu adalah pemerintahan-pemerintahan kecil dan desa-desa yang terpisah-pisah. Masing-masing negeri atau desa — sekecil apapun — ada pimpinan/penguasanya sendiri terpisah dari lainnnya (merdeka). ... Antara pemerintahan-pemerintahan itu saling berperang, bertempur, dan bertentangan.

📮🗓 Jadi Asy-Syaikh Muhammad bin 'Abdil Wahhab TIDAK MEMBERONTAK terhadap Daulah Khilafah.
⚖ Hanya saja beliau tidak setuju dengan berbagai kondisi yang rusak di negerinya sendiri. Maka beliau berjihad di jalan Allah dengan sebenar-benar jihad. Senantiasa bersabar dan terus bersabar, hingga cahaya dakwah ini membentang hingga ke negeri-negeri lainnya. ... ."

📬 Nadwah "Tajdid al-Fikr al-Islami". Ceramah ini beliau sampaikan di ruang pertemuan di Universitas al-Malik Su'ud tahun 1402 H

شبهة مفادها أن الشيخ المجدد الإمام محمد بن عبد الوهاب رحمه الله تعالى قام بالخروج على الدولة العثمانية

قال سماحة الشيخ عبد العزيز بن عبد الله بن باز رحمه الله في جوابه  على هذه الشبهة :

(لم يخرج الشيخ محمد بن عبد الوهاب على دولة الخلافة العثمانية - فيما أعلم وأعتقد -، فلم يكن في نجد رئاسة ولا إمارة للأتراك بل كانت نجد إمارات صغيرة وقرى متناثرة، وعلى كل بلدة أو قرية - مهما صغرت - أمير مستقل … وهي إمارات بينها قتال وحروب ومشاجرات، والشيخ محمد بن عبد الوهاب لم يخرج على دولة الخلافة، وإنما خرج على أوضاع فاسدة في بلده، فجاهد في الله حق جهاده وصابر وثابر حتى امتد نور هذه الدعوة إلى البلاد الأخرى …)

(ندوة تجديد الفكر الإسلامي، ألقيت في قاعة المحاضرات بجامعة الملك سعود، 1402هـ، (مسجلة على أشرطة كاسيت).

🔺 al-'Allamah asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah,

📃 Tanya :
"Sebagian orang yang memusuhi dakwah Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdil Wahhab — rahimahullah — mengatakan bahwa beliau dan al-Imam Muhammd bin Su'ud MEMBERONTAK terhadap kekuasaan pemerintah Daulah 'Utsmaniyyah, dan telah merusak tongkat ketaatan. Ini bertentangan dengan aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah!!
Bagaimana pendapat Anda terhadap pernyataan tersebut?"

🔑 Jawab :
"Orang yang mengucapkan pernyataan tersebut, apakah dia konsisten untuk selalu mendengar dan taat kepada pemerintah??!
⚠ Mayoritas orang-orang yang mengatakan itu, mereka membolehkan memberontak terhadap para penguasa sekarang. Mereka tidak mau konsisten dan tidak mau mengakui keabsahan pemerintahan.
👉🏻 Ini Sisi Pertama.

👉🏻 Sisi Kedua,
Bahwa asy-Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab dan al-Imam Muhammad bin Su'ud — rahimahumallah — TIDAK MEMBERONTAK terhadap pemerintah pada masanya.
🗺❌ Karena Daulah 'Utsmaniyyah TIDAK MEMILIKI KEKUASAAN terhadap negeri-negeri di Najd.
Negeri-negeri Najd di bawah pemerintahannya sendiri. Masing-masing negeri di Najd memiliki pemerintahan tersendiri (merdeka) yang memerintahnya. Apabila pimpinannya mati, maka digantikan oleh salah satu putranya  atau kerabatnya.
🏙❌ Jadi Daulah 'Utsmaniyyah TIDAK PUNYA KEKUASAAN atas negeri-negeri di Najd. Mereka juga tidak merasa punya kepentingan terhadap negeri Najd. Daulah Utsmaniyyah tidak merasa perlu (untuk menguasai) negeri-negeri Najd. Karena di Najd tidak ada penghasilan apa-apa pada waktu itu, sehingga tidak penting bagi mereka.
🛡 Daulah Utsmaniyyah (setelah itu) memerangi Daulah Saudi Arabia bukan karena Saudi memberontak terhadap Utsmaniyyah. Namun karena takut/khawatir. Daulah Utsmaniyyah memerangi Daulah Saudi Arabia karena takut, ketika negara Saudi semakin besar dan tampak kekuataannya.

🌌 Daulah Utsmaniyyah memerangi Daulah Saudi Arabia karena khawatir kalau Saudi Arabia akan menyerang mereka di negerinya.  Ini tujuannya. Adapun kekuasaan, maka Daulah Utsmaniyyah tidak memiliki kekuasaan negeri-negeri Najd. Namun masing-masing negeri Najd berada di bawah kekuasaan pemerintahannya masing-masing. Demikianlah berlangsung dari generasi ke generasi.

🌅🇸🇦 Hingga datanglah asy-Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab — rahimahullah — membawa Dakwah Tauhid, yang didukung oleh Muhammad bin Su'ud. Maka terbentanglah kekuasaan mereka di negeri-negeri Najd semuanya, juga membentang ke negeri-negeri lainnya di Jazirah Arabia.
🕋🕌 Allah kokohkan kekuasaan mereka karena mereka MENEGAKKAN DAKWAH NABI MUHAMMAD — Shallallahu 'alaihi wa Sallam — dan MENYEBARKAN ISLAM.
⚔🛡 Maka pemerintahan-pemerintahan di Najd yang sebelumnya terpencar-pencar, masuk dalam satu kekuasaan. Ketika itulah Daulah 'Utsamniyyah ketakutan/khawatir kalau Saudi Arabia akan sampai ke negeri mereka (Turki), Iraq, dan Syam. Utsmaniyyah merasa terancam.
Di samping mereka juga memiliki
🕳 berbagai khurafat,
🕳 kuburan-kuburan,
🕳 tasawuf, dan
🕳 berbagai bid'ah
Utsmaniyyah pun ketakutan dan terancam atas segala kemungkaran yang ada pada mereka selama ini. Mereka takut Dakwah asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab akan MERUBAH itu semua.
🔥 Oleh karena itu, Daulah Utsmaniyyah pun memerangi Daulah Saudi Arabia.

🖥 Sumber http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=4800

•••••••••••••••••••••
🌠📝📡 Majmu'ah Manhajul Anbiya
📟▶ Join Telegram https://bit.ly/ManhajulAnbiya
💻 Situs Resmi http://www.manhajul-anbiya.net

~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak menggunakan emoticon dalam menulis komentar, Barakallahu fiikum.

Bottom Ad [Post Page]

| Original Designed by Colorlib | Design Retouched by AI Project