MENTAATI PEMERINTAH

💺💺💺💺💺💺💺💺💺
No 1⃣

🇮🇩KEWAJIBAN RAKYAT🇮🇩

▪Telah diketahui secara pasti dari ajaran islam, tidak ada agama kecuali dengan adanya komunitas, tidak ada komunitas kecuali dengan adanya  pemimpin, tidak ada pemimpin kecuali dengan adanya sikap menta'ati dan mendengar.

▪Keluar dari keta'atan terhadap pemerintah dan membelot adalah sebab terbesar rusaknya Negara dan manusia serta melencengnya dari jalan petunjuk.

✔Al Hasan Al Bashri Rohimahullah menyatakan, Demi Allah Ta'ala, agama tidak akan lurus kecuali dengan adanya pemerintah meskipun jahat dan zholim.

✔Demi Allah kebaikan yang Allah Ta'ala berikan dengan adanya mereka (Pemerintah) jauh lebih banyak dibandingkan dengan apa yang mereka rusak (As Sunnah Fima Yata'allaq Bi Waliyyim Ummah).

▪Oleh karena itu, demi menjaga keutuhan hubungan komunitas manusia dengan pemimpinnya, syariat telah menjelaskan tentang tugas dan kewajiban rakyat terhadap pemerintahnya, sehingga terjalinlah ta'awwun (Kerjasama) yang baik antara keduanya diatas kebajikan dan takwa.

Allah Ta'ala berfirman: Dan tolong menolonglah dalam kebaikan dan takwa dan janganlah tolong menolong dalam dosa dan permusuhan dan dosa (Al Maidah:2).

▪Diantara kewajiban yang harus ditunaikan dengan Baik oleh rakyat.

1⃣.Ikhlas dan Mendo'akan.
Inilah kewajiban yang pertama yang dipikul oleh rakyat, yaitu ikhlas menyukai segala kebaikan untuk mereka dan membenci segala kejelekan untuk mereka serta tidak lupa untuk mendoakan kebaikan dan Taufiq, karena kebaikannya adalah berarti kebaikan Rakyat.

✔Al Imam Fudhoil bin Iyadh Rohimahulloh menyatakan, Seandainya aku mendapat bagian harta dari Baitul Mal, aku akan mengambilnya lalu aku gunakan untuk membuat makanan. Lalu aku undang orang orang yang sholeh dan terpandang. Setelah selesai, akan kukatakan kepada mereka, mari kita berdoa kepada Robb kita agar memberi Taufiq kepada pemimpin kita dan seluruh pihak yang mengatur urusan urusan kita (Sirajul Muluk).

▪Kewajiban Rakyat adalah mendoakan pemerintah, walaupun jahat dan zholim sekalipun, bukan memberontaknya.

✔Al Imam Al Barbahari Rohimahullah menegaskan, Apabila anda melihat ada orang yang mengajak melakukan pemberontakan kepada pemerintah, ketahuilah bahwa ia adalah peengikut Hawa nafsu.

👉🏿👂🏻Kalau Anda mendengar ada orang yang mendoakan pemerintah ketahuilah bahwa dia pengikut Sunnah, In syaa Allah. (Syarhussunnah).

Bersambung...

📄Sumber, Buletin Al Wala wal Baro' Bandung Edisi ke 21 tahun ke 13 1434 H/26 April 2013. dari http://AsySyariah.com.
Oleh Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf Hafizhohullohu

Bandung 14 Rabi'ul Awal 1437H/26 Desember 2015

klik join ⬇
🌍http://bit.ly/FadhlulIslam
🌐www.salafymedia.com

📌 WA Fadhlul Islam Bandung

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI :

CIRI CIRI AD DABBAH

KESESATAN ZAKIR NAIK