Nasehat untuk seorang IBU

🌺📝💎 NASEHAT YANG SINGKAT BAGI UMMAHAT SANG PEMBINA UMAT

💍💬 Untukmu wahai para ibu , sang pengampu rumah-rumah kaum muslimin , sang pendidik dan pengasuh yang terlupakan ...

⛅🌾 Sesungguhnya tugasmu adalah tugas nan mulia lagi agung , mulai dari tanganmu generasi ini dibina , diasuh dan dibimbing…

🔰 Sentuhan kasih lembutmu membesarkan mereka , 💫 bersama gangguan dari anak-anakmu dirimu sabar , ditanganmulah mereka wahai para ibu mereka berpijak…

▶ 🏁Tugas berat sang ibu tentunya harus dimengerti dan disadari oleh semua , jangan hanya berpangku tangan bekalilah diri-diri anda wahai para ibu dengan 📚 ilmu , adab dan akhlaq yang mulia supaya anak-anakmu tumbuh dari tangan seorang 💍 ibu yang sholihah .

🍃 Inilah nasehat singkat dari seorang yang peduli terhadapmu :

1⃣. Menjadikan dirinya qudwah serta teladan bagi anak-anaknya namun tidak harus 💢💥 otoriter sewenang-wenang , pelajarilah dan milikilah 🌾 akhlaq yang baik serta adab yang mulia hal ini harus bersifat kontinuitas atau istiqomah sehingga tidak terkesan stagnan jalan ditempat .

✊🏻 Bersemangatlah pada dirimu untuk kau mencontohkan didepan anak-anakmu setiap sifat yang dikau suka melihat itu pada anak-anakmu. 🎨🔬 Sungguh anak-anak diusia dini tidak bisa banyak memahami tentang sesuatu melainkan  apa yang terlihat saja , apa yang ia lihat darimu itulah yang dia rasa baik dan yang kau tinggalkan maka itulah yang jelek itulah prespektif sudut pandang anak diusia dini .

🔐 Wahai para ibu jika dirimu terus berusaha
✅ memperkokoh keislamanmu ,
✅menjaga akhlaq beserta adab yang mulia baik pada ucapan maupun perbuatan ➡ maka akan tumbuh anak-anak untuk berhias dengan sifat-sifat mulia ini .

🌓 Demikian itu seperti engkau contoh dalam kebaikan-kebaikan maka engkau juga harus menjahui segala sifat yang tidak engkau sukai pada anak-anakmu , baik yang berhubungan dengan akhlaq maupun penampilan baik dalam 💄🔥 berpakaian , 🍪 makan , sampai dalam bergerak maupun diamnya .

2⃣. Hendaknya seorang ibu semakin bersemangat tatkala usia anak sudah mulai mampu untuk mencerna sesuatu untuk memperdengarkan perkara-perkara yang baik pada mereka ,🔊🔉 bacaan-bacaan Al quran , kisah-kisah yang baik dari Al quran maupun sunah yang shohihah , sehingga bisa menanamkan pada jiwa-jiwa mereka benih-benih akhlaq yang mulia .

3⃣. Seorang ibu yang sholihah harus 🔎 memperhatikan pergaulan anak-anaknya jika mereka telah beranjak ⏳ dewasa , memilihkan mereka siapa-siapa yang akan menjadi sahabat-sahabat anaknya demikian itu karena pengaruh teman 🔖 amat sangat dahsyat dalam membentuk karakter sang anak baik dan buruknya .

4⃣. Membekali dirimu dengan ilmu agama
❗❌jangan malas dalam mencari dan memahaminya , hal ini guna membekali anak-anak kita dengan bekal yang baik dalam aqidah dan nasehat .

🚀⛵ Berusahalah menjawab pertanyaan sang anak dengan jawaban yang tepat pada usia kanak-kanaknya kenapa ?

🎥 Hal itu karena akan membekas dalam jiwanya , terlebih jika sudah memasuki usia-usia keingintahuan terhadap 🌋 alam sekitar , hubungan dengan alam sekitar , dan terus memantau pertumbuhan mereka .

5⃣. Hendaknya seorang ibu itu berusaha untuk menjadi sumber-sumber pendidikan terhadap anak-anaknya ,

🏡❓karena merekalah tempat bertanya sebelum yang lainnya , membersihkan dirinya dari aqidah yang 💥rusak serta perkara-perkara yang bathil , mengambil jawaban-jawaban dari 📒📚 kitab dan sunah dan tidak menjawab dengan kebodohan , jika dia tidak mampu maka dialihkab jawaban kepada yang berilmu serta menunda jawaban pada sang anak .

6⃣. Menjaga rumah dari hal-hal yang menyelisihi syariat ,
☑baik dari 📺 televisi ,
☑patung-patung , atau
☑gambar makhluk bernyawa , atau
☑anjing peliharaan .

☝🏻Dimana keadaan seperti ini akan menjadikan sang anak bermudah-mudah dalam urusan agama dan ibadahnya .

🍂🌾 Demikian sebisa mungkin menyembunyikan perselisihan keluarga didepan anak-anak supaya mereka tidak terjatuh dalam kejelekan moral terhadap ortuanya .

7⃣. Milikilah buku-buku bacaan yang bermanfaat dirumah-rumah anda wahai para ibu , hal itu sangat efektif sekali sebagai penumbuh motivasi anak untuk cinta 📌📄 membaca , cinta ilmu , serta mengatur waktu mereka dalam kegiatan sehari-hati .

8⃣. Sediakan waktu 📟 untuk bersama mereka untuk melakukan konvensi ( mufakat ) , merubah paradigma ( cara berfikir ) keluarga , memberi doktrin yang baik kepada anak yang memberikan fundamental ( pokok ) pendidikan pada mereka ,  tanpa ada yang menyibukkan mereka baik seseorang maupun pekerjaan , bicara kepada mereka dari hati kehati agar tidak jauh hubungan anak dengan orang tua karena kesibukan mereka .

🌵Insyaa alloh hal ini akan menbantu merubah attitude atau perilaku anak yang kurang baik menjadi lebih baik .

👏🏻🌷 Semoga nasehat ini menjadikan sang ibu memiliki kemampuan pedagogik atau mendidik , juga sebagai bentuk preventif ( pencegahan ) kearah yang kurang baik pada generasi muslimin ,

💡🔆karena kultur budaya kita yang jauh dari nilai agama , dan sudah menjadi sebuah urgensi ( desakan ) bagi kita untuk terus memperbaiki diri dan keluarga .

⏰⚠ Dalam periode terakhir ini kaum muslimin menempati titik nadir dalam menjaga norma-norma agamanya dimana titik kulminasi sudah jauh zamannya yaitu masa-masa nubuwah .

〰🔘 Jika setiap ibu memiliki sifat ini maka prospek kedepan akan membaik dan probabilitas ( penyimpangan ) akan dapat diminimalisir biidznillah .

✏ Ditulis oleh Al Faqir ila afwi robbih : Abul Hasan Al Wonogiry

Dipublikasikan oleh:
📚 Tholibul Ilmi Cikarang

Pada, selasa 23 Dzulhijjah 1436H/06 Oktober 2015M Jam 11:53wib

❗🔄 Untuk postingan sebelumnya silahkan kunjungi
💻📱 www.salafymedia.com
( website tampilan whatsapp )

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI :

CIRI CIRI AD DABBAH

KESESATAN ZAKIR NAIK