.

Ad Dabbah Muncul di Akhir Zaman

➖➖➖➖➖➖➖➖
Ad Dabbah (Binatang Melata yang Muncul pada Akhir Zaman)
➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 1⃣

🏹 WAKTU KEMUNCULANNYA.

▪Tentang Waktu munculnya Ad Dabbah ini Allah Ta'ala berfirman (Yang Artinya): Dan Apabila perkataan telah jatuh atas mereka, kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat ayat kami. (An Naml: 82).

▫Ada beberapa penafsiran dari para ulama tentang makna القول (Perkataan) pada ayat tersebut. Sebagian menafsirkannya dengan adzab, apabila manusia telah rusak dan berhak mendapatkan adzab maka Ad Dabbah akan keluar dari bumi. Sebagian lagi menafsirkannya dengan murka dari Allah Ta'ala.

▫Kapankah umat manusia dikatakan berhak mendapatkan adzab dan Murka Allah❓

▫Berkata sebagian Ulama diantaranya sahabat Ibnu Mas'ud Rodhiyallohu 'anhu bahwa hal tersebut terjadi ketika manusia sudah tidak lagi mengajak kepada perkara perkara Ma'ruf (Kebaikan) dan tidak pula melarang dari perkara perkara kemungkaran ketika mengetahuinya.

▫Kita berlindung kepada Allah Ta'ala dari Adzab dan Murka Nya. Ulama yang lain menafsirkan القول  dengan bukti bukti yang nyata dari Allah Ta'ala termasuk dalam bukti bukti yang nyata tersebut adalah tanda tanda besar kiamat yang telah muncul sebelumnya seperti keluarnya dajjal dan turunnya Nabi Isa 'Alaihissalam. Setelah bukti bukti kekuasaan Allah tersebut nampak maka Allah Ta'ala akan mengeluarkan Ad Dabbah dari Bumi.

▪Ad Dabbah akan keluar pada akhir zaman, pada saat manusia telah berada dalam keadaan lemah iman dan rusak, sebagaimana yang dijelaskan oleh Al Hafidz Ibnu Katsir Rohimahullah dalam tafsir ayat tersebut, binatang melata ini keluar pada akhir zaman ketika manusia telah rusak dan meninggalkan perintah perintah Allah, serta mereka merubah agama yang benar. Allah mengeluarkan suatu binatang melata dari dalam bumi kemudian mengatakan kepada mereka hal tersebut. (Umdatut Tafsir hal 667).

▫Munculnya Ad Dabbah berdekatan dengan waktu terbitnya matahari dari arah barat. Tidak diketahui apakah ad Dabbah muncul terlebih dahulu ataukah terbitnya matahari dari barat. Rasulullah bersabda:

إن أول الآيات خروخا طلوع الشمس من مغربها وخروج الدابة على الناس ضحى و أيهما ما كانت قبل صاحبتها فالأجر ى على إثرها قريبا

Sesungguhnya tanda tanda (kiamat) yang pertama kali muncul adalah terbitnya matahari dari arah tenggelamnya (barat) dan keluarnya binatang melata kepada manusia pada waktu dhuha, yang mana saja dari keduanya terjadi terlebih dahulu maka yang lainnya menyusul sesaat setelahnya (HR.Muslim no 7570).

▪Dari hadits tersebut pula, diketahui bahwa munculnya Ad Dabbah tersebut waktu dhuha, yaitu waktu diantara saat naiknya matahari setinggi tombak hingga saat matahari berada di puncak/tengah langit.

Bersambung...

➖➖➖➖➖➖➖➖
📋 Sumber, Al ilmu Edisi No.17/IV/XIV/1437H
🌠 Klik Join telegram ⬇
📊 http://bit.ly/FadhlulIslam
🌍 www.salafymedia.com
📡 Publikasi :
📚 WA Fadhlul Islam Bandung
➖➖➖➖➖➖➖➖

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar