.

Diangkatnya Derajat Dengan Ilmu Agama

✅🌹 Allah Subhaanahu Wa Ta’ala Mengangkat Derajat Orang-orang yang DikehendakiNya
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

🔖 Dijelaskan oleh para ‘Ulama’ bahwa jika Allah Mengangkat derajat seseorang, berarti Allah mengangkat derajatnya dengan memberikan Kemulyaan di dunia dan di akhirat.

🌷 Diangkatnya derajat seseorang di Dunia yang terutama adalah dengan Ilmu dan segala hal yang Allah jadikan manusia Mulya dengannya.

🎁 Demikian juga di Akhirat, Allah akan jadikan dia sebagai Sholihiin dalam derajat tinggi, yang bernikmat-nikmat dengan limpahan karunia dari Allah dalam Surga (Al-Jannah).

🔰 Allah Subhaanahu Wa Ta’ala Mengangkat derajat orang-orang yang dikehendakiNya, dan juga peningkatan derajat tersebut sesuai dengan yang dikehendakiNya.

📖 Allah Subhaanahu WaTa’ala mengisahkan Nabi Ibrahim Alaihis Salam yang termasuk di antara hamba-hamba yang Allah angkat derajatnya  karena Memurnikan Ketauhidannya kepada Allah semata dan berjuang untuk Menjauhkan diri dan umatnya dari Kesyirikan :

وَتِلْكَ حُجَّتُنَا آتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيْمَ عَلَى قَوْمِهِ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَّنْ نَّشَاءُ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيْمٌ عَلِيْمٌ

🍃 Itu adalah hujjah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim (untuk disampaikan) pada kaumnya. Kami mengangkat orang-orang yang Kami kehendaki beberapa derajat. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (Q.S Al-An’aam : 83).

▶️ Al-Imam Ibnu Jarir at-Thobary Rahimahullah menjelaskan dalam tafsirnya : “… (Allah menyatakan bahwa) : Itu adalah Hujjah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim Alaihis Salam (untuk disampaikan) pada kaumnya, sehingga dengannya Kami angkat derajatnya di atas mereka (kaumnya), dan Kami Mulyakan dia di atas mereka di dunia dan di akhirat. Di dunia Kami berikan padanya Pahala, sedangkan di akhirat Kami jadikan ia termasuk orang-orang Sholih.

⏩ Asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa’di Rahimahullah menjelaskan dalam tafsirnya : “ (Allah Subhaanahu Wa Ta’ala menyatakan : “Kami mengangkat orang-orang yang Kami kehendaki beberapa derajat (yaitu) : sebagaimana Kami mengangkat derajat Ibrahim Alaihis Salaam di dunia dan di akhirat (dengan ilmu), karena sesungguhnya dengan Ilmu Allah angkat pemiliknya di atas hamba-hamba yang lain beberapa derajat, khususnya seorang Alim yang Mengamalkan ilmunya dan Mengajarkan ilmunya, maka Allah akan jadikan di sebagai Imam (Pemimpin) bagi manusia…

📖 Allah Subhaanahu Wa Ta’ala mengangkat orang-orang yang Berilmu (Dien) beberapa derajat, sebagaimana disebutkan dalam FirmanNya :

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ آمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوْتُوْا اْلعِلْمَ دَرَجَاتٍ

🍃 Allah mengangkat orang-orang yang Beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ‘Ilmu beberapa derajat. (Q.S Al-Mujaadilah : 11).
 
~~~~~~~~~~~~~~~~

📙 Dikutip dari Buku "Memahami Makna Bacaan Sholat"
(Sebuah Upaya Menikmati Indahnya Dialog Suci dengan Ilahi).

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
✍ http://telegram.me/alistiqomah

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar