.

KEMATIAN YANG DITAKUTI

🔰🌷✔️
■◎■◎■◎■
📕 RINGKASAN PEDOMAN MENGHADAPI KEMATIAN (Bagian. 01)

📝 SEBELUM KEMATIAN TERJADI

1⃣ Banyak mengingat kematian, hal itu menghantarkan pada sifat qonaah dan zuhud terhadap kehidupan dunia.

2⃣ Mempersiapkan kehidupan setelah kematian. Memperbanyak amal kebajikan dan investasi untuk kampung akhirat: mengajarkan ilmu yang bermanfaat, shodaqoh jariyah, mendidik anak agar tumbuh dalam keshalihan, menanam tanaman yang bermanfaat, menggali sumur, membuat tempat tinggal untuk musafir, dsb.

3⃣ Tidak mengharapkan kematian, karena setiap detik kehidupan selalu bermakna kebaikan bagi seorang yang beriman. Masa hidup lebih lama berarti semakin banyak amal kebaikan yang ditambah, dan semakin banyak taubat atas dosa yang pernah dilakukan.

4⃣ Jika dalam keadaan yang terpaksa, penderitaan sudah sangat berat dirasakan, boleh berdoa: Ya Allah hidupkanlah saya jika memang kehidupan baik bagi saya. Wafatkan saya jika memang kematian baik bagi saya.

5⃣ Beratnya penderitaan hidup tidak membuat seorang yang beriman putus asa dari rahmat Allah. Ia juga tidak melakukan perbuatan bunuh diri yang termasuk dosa besar. Barangsiapa yang melakukan bunuh diri di dunia, di akhirat akan diadzab dengan alat/ cara yang digunakan untuk bunuh diri tersebut.

📝 MASA MENJELANG KEMATIAN

1⃣ Disunnahkan mentalqin (mendiktekan) ucapan Laa Ilaha Illallah bagi orang muslim yang akan meninggal dunia dengan cara yang baik dan tidak menyesakkannya.

2⃣ Boleh juga membacakan surat Yasin untuk orang yang akan meninggal dunia.

3⃣ Seseorang yang akan meninggal dunia hendaknya mengedepankan perasaan husnudzhon (berbaik sangka) kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’ala.

🔗 Insya Allah bersambung ...

〰〰〰

📝 Disalin dari buku "Tata Cara Mengurus Jenazah Sesuai Sunnah Nabi Shollallaahu Alaihi Wasallam (Syarh Kitab al-Janaiz Min Bulughil Maram)".  Penerbit Pustaka Hudaya.

💺 Penulis: Al-Ustadz Abu Utsman Kharisman حفظه الله.

🎁 hashtag serial kajian ini :  #fiqih_mengurus_jenazah

〰〰〰〰〰〰〰
📚🔰Salafy Kendari || http://bit.ly/salafy-kendari

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar