.

SHOLAT BERJAMA'AH DI MASJID - 2

➖➖➖➖➖➖➖➖
SHOLAT BERJAMA'AH DIMASJID, WAJIBKAH❓
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣

3. Perintah Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam untuk melaksanakan shalat berjama'ah.

▪Al Imam Al Bukhariy Rohimahullah telah meriwayatkan dari Malik Bin Al Huwairits: Saya mendatangi Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam dalam suatu rombongan dari kaumku, maka kami tinggal bersamanya selama 20 hari, dan Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam adalah seorang yang penyayang dan lemah lembut terhadap sahabatnya, maka ketika beliau melihat kerinduan kami kepada keluarga kami, beliau bersabda : Kembalilah kalian dan jadilah bersama mereka serta ajarilah mereka dan shalatlah kalian, apabila telah datang waktu shalat hendaklah salah seorang diantara kalian adzan dan hendaklah orang yang paling tua (berilmu tentang Al Kitab dan As Sunnah dan paling banyak hafalan Al Qur annya) diantara kalian mengimami kalian. (Hadits riwayat Al Bukhari no.628,2/110 dan Muslim semakna dengannya no.674,1/465-466).
▪Maka Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam yang mulia memerintahkan adzan dan mengimami shalat ketika masuknya waktu shalat yakni beliau memerintahkan pelaksanaannya terhadap sesuatu menunjukkan atas kewajibannya.

4.Larangan keluar dari Masjid setelah dikumandangkan adzan.

▪Sesungguhnya Rasulullah Sholallohu 'Alaihi Wasallam melarang keluar setelah dikumandangkannya adzan dari masjid sebelum melaksanakan shalat berjama'ah. Al Imam Ahmad Rohimahullah telah meriwayatkan dari Abu Hurairah Rodhiyallohu 'anhu ia berkata: Rasulullah Sholallohu 'Alaihi Wasallam memerintahkan kami, apabila kalian dimasjid lalu diseru Shalat (Dikumandangkan adzan) maka janganlah keluar salah seorang diantara kalian sampai dia shalat (dimasjid secara berjama'ah) (Al Fathur Rabbani Li Tartib Musnad Al Imam Ahmad no.297,3/43).

5.Tidak ada keringanan dari Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Bagi Orang yang meninggalkan Shalat berjama'ah.

▪Sesungguhnya Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Yang mulia tidak memberi keringanan kepada 'Abdullah Ibnu Ummi Maktum untuk meninggalkan shalat berjama'ah padahal Ibnu ummi Maktum mempunyai beberapa 'udzur sebagai berikut :
A.Keadaannya yang buta,
B.Tidak ada penuntun yang mengantarkannya kemasjid.
C.Jauhnya rumahnya dari masjid,
D.Adanya pohon kurma dan pohon pohon lainnya yang menghalanginya antara rumahnya dan masjid.
E.Adanya binatang buas yang banyak dimadinah dan.
F.Umurnya yang sudah tua serta tulang tulangnya sudah rapuh.
▪Al Imam Muslim Rohimahullah telah meriwayatkan dari Abu Hurairah Rodhiyallohu 'anhu ia berkata: Seorang Laki laki buta mendatangi Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Lalu berkata : Ya Rasulullah, sesungguhnya saya tidak mempunyai seorang penuntun yang mengantarkanku kemasjid. Lalu ia meminta Rasulullah untuk memberi keringanan baginya untuk shalat dirumahnya maka Rasulullah memberi keringanan, ketika Ibnu Ummi Maktum hendak kembali, Rasulullah memanggilnya lalu berkata: Apakah engkau mendengar panggilan Adzan untuk shalat❓ Ia menjawab : Benar, maka Rasulullah Sholallohu 'Alaihi Wasallam bersabda: Penuhilah panggilan tersebut.
▪Dan juga banyak dalil dali lainnya yang menunjukkan akan wajibnya shalat berjama'ah di masjid bagi setiap muslim yang baligh, berakal dan tidak ada 'udzur syar'i baginya.

💎Kaum Muslimah Lebih Utama Shalat Dirumahnya.

▪Adapun bagi kaum Muslimah maka yang lebih afdhol baginya adalah shalat dirumahnya daripada di masjid, sebagaimana disebutkan didalam Al Qur an: Wa Buyuutuhunna Khairullahunna (Dan rumah rumah mereka lebih baik bagi mereke) dan juga hadits hadits sangat banyak yang menjelaskan keutamaan shalat dirumah bagi kaum muslimah. Tapi apabila kaum muslimah meminta izin untuk sholat dimasjid maka tidak boleh dilarang bahkan harus diidzinkan. Tetapi ketika dia keuar masjid harus memenuhi syarat syaratnya yaitu menutup auratnya secara sempurna, tidak memakai wangi wangian, tidak ditakutkan menimbulkan fitnah dan yang lainnya yang telah dijelaskan para 'ulama.
▪Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rohimahullah menjelaskan bahwa dalam keadaan tertentu shalatnya muslimah dimasjid lebih utama dari pada dirumah ketika dimasjid terdapat pelajaran
(Ta'lim) yang disampaikan oleh Ahlus Sunnah, tetapi jika dimasjid tidak ada kajian 'ilmu maka shalat dirumah lebih baik daripada dimasjid.

Bersambung...

➖➖➖➖➖➖➖➖
📋 Sumber, Buletin Al wala' wal bara' Bandung Edisi 38 Tahun ke 1- 05 September 2003M/08 Rajab 1424 H
🕸 klik Join telegram ⬇
📊 http://bit.ly/FadhlulIslam
🌍 www.salafymedia.com
📡 Publikasi :
📚 WA Fadhlul Islam Bandung
➖➖➖➖➖➖➖➖

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar