Meniti Jejak Salafus Shaleh

Post Page Advertisement [Top]

☀️ Kesempurnaan Agama Islam

☝️ Allah ta'ala berfirman;

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَ‌ضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ ﴿٣﴾

📖 “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kalian agama kalian dan telah Kucukupkan kepada kalian nikmatKu, dan telah Kuridhai Islam itu jadi agama bagi kalian.” (Al-Maidah: 3)

أَمْ لَهُمْ شُرَ‌كَاءُ شَرَ‌عُوا لَهُم مِّنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَن بِهِ اللَّـهُ ۚ ﴿٢١﴾

📖 “Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah?” (Asy-Syura: 21)

💺 Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda;

« مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ »

📚 “Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

💺 Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda saat khutbah jumat:

« أَمَّا بَعْدُ: فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ وَخَيْرَ الْهَدِيْ هَدْيِ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَشَرُّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ »

📚 “Kemudian; bahwa sebaik-baik ucapan adalah kitabullah (al-Qur’an) dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad serta sejelek-jelek urusan adalah yang diada-adakan (kebid’ahan) dan setiap kebid’ahan itu adalah sesat.” (HR. Muslim)

🔦 Ayat-ayat dan hadits-hadits di atas adalah diantara sekian dalil yang menunjukkan bahwa Allah ta'ala telah menyempurnakan nikmat-Nya dan agama Islam bagi umat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

🌕 Tidaklah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam  wafat melainkan dalam keadaan  telah menyampaikan segala hal yang berkaitan dengan syariat Allah kepada umat, baik berupa perkataan maupun perbuatan.

☀️ Demikian pula beliau shallallahu 'alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa segala sesuatu yang dibuat dan diada-adakan (bid’ah) oleh manusia lalu menisbahkannya kepada Islam, baik berupa ucapan maupun perbuatan adalah tertolak dan tidak diterima. Tidak bermanfaat amalan tersebut meskipun niat, maksud dan tujuannya “baik”. Tidak pula berfaidah walaupun mayoritas manusia mengerjakannya bahkan membelanya.

🌇 Semua hal ini telah diketahui oleh para ulama salaf mulai dari kalangan shahabat radhiallahu 'anhum hingga para ulama sunnah pada akhir zaman. Disamping mereka terus menghidupkan sunnah, demikian pula mengingkari dan mengingatkan manusia akan bahaya kebid’ahan.

💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷💎🌷

🌏🚀 Tebarkan nasihat, berilmu, beramal dan beramar makruf nahi mungkar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak menggunakan emoticon dalam menulis komentar, Barakallahu fiikum.

Bottom Ad [Post Page]

| Original Designed by Colorlib | Design Retouched by AI Project