Meniti Jejak Salafus Shaleh

Post Page Advertisement [Top]

__________
*Pelajaran Penting Untuk Umat (8)*



*Tafsir surat Al Fiil (bagian 1)*

🔺تفسير سورة الفيل🔺

              ـــ﷽ـــ

{أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ (١) أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ (٢) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ (٣) تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ (٤) فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ (٥) } .


🔘 Surat ini termasuk surat Makiyah
Yaitu surat yang turun sebelum hijrahnya Nabi -shallallahu alaihi wasallam-

Allah berikan kenikmatan kepada suku Quraisy dengan nikmat yang besar yaitu nikmat berupa Allah mencegah pasukan gajah untuk menghancurkan ka'bah dan Allah menjaga mereka dari kejelekan dengan tentara yang ada disisi Allah تعالى

Singkat cerita sebagaimana yang dikisahkan oleh ahli sejarah bahwa dahulu raja Abrahah Al Asyram raja Yaman dia membangun sebuah kastil yang sangat besar yang dinamai dengan AlQolis, dan diperindah serta dihiasi dengan hiasan-hiasan.
Dia membuat kastil ini dengan maksud agar orang-orang Arab mereka pindah berhaji di kastil yang dia bangun.

Mendengar berita tersebut, sebagian suku Quraisy mendatangi kastil tersebut, setibanya mereka disana mereka mengotori kastil dengan kotoran mereka (tinja) dan sebagian yang lain menyalakan api didalamnya.

Mendengar kejadian tersebut marahlah sang raja dan dia bertekad kuat akan memerangi Mekah dan menghancurkan Ka'bah.

Berangkatlah raja dengan membawa pasukan yang sangat besar yang mana suku Arab tidak akan mampu untuk melawan mereka.

Maka tatkala mereka sampai di kota Mekah, Allah menahan pasukan gajah dari Baitullah, dikarenakan pasukan tadi hendak menghancurkan Ka'bah dengan gajah-gajah tersebut dengan cara mengikatkan tali ke Ka'bah kemudian ditarik menggunakan gajah tersebut.

Namun Allah tidak membiarkan mereka melakukannya. Setiap kali mereka menggerakkan gajah kearah Ka'bah, gajah itu menderum tidak mau bergerak, tetapi ketika diarahkan ketempat lain, gajah tersebut pun berdiri kemudian berjalan dengan cepat.

Tatkala mereka kebingungan dengan kondisi seperti itu, Allah mengutus pasukan burung kepada mereka, burung-burung tersebut datang dari arah laut, setiap burung membawa tiga buah batu, batu yang satu dibawa dengan paruhnya dan dua batu yang lain berada pada kedua kaki burung.
Ketika burung-burung tersebut sudah berada tepat diatas kepala-kepala pasukan gajah, dilemparlah batu-batu tersebut, tidaklah batu tersebut menghujam pada salah satu dari pasukan, melainkan dia akan binasa.

Kisah atau kejadian yang sangat besar dan menakjubkan adalah sebagai pengantar, dan pendahuluan dari diutusnya Nabi Muhammad -shallallahu alaihi wasallam- di negeri Al-Haram (Mekah)

Lalu apa isi surat Al Fil? Dan pelajaran apa saja yang bisa diambil dari surat ini?
⏭ Bersambung...


┄┄┉┉✽̶»̶̥🌼»̶̥✽̶┉┉┄┄

📮 http://bit.ly/penuhduniailmu
💻Untuk faedah lain kunjungi www.jendelasunnah.com
----------------------------------------------
  🖼 *Jendela Sunnah* 🖼
----------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak menggunakan emoticon dalam menulis komentar, Barakallahu fiikum.

Bottom Ad [Post Page]

| Original Designed by Colorlib | Design Retouched by AI Project