Langsung ke konten utama

BERDOSA AKIBAT MELUPAKAN HAFALAN AL QUR'AN

Salafymedia.com:
📛📖💭 *BERDOSAKAH ORANG YANG MENGHAFAL AL QURAN KEMUDIAN MELUPAKANNYA ?*
➫ http://bit.ly/alistifadah

🚆 ```Al Imam Al Muhaddits Abu 'Abdirrahman Muqbil bin Hadi Al Wadi'i rahimahullah```

📜 *P E R T A N Y A A N*
"Apakah berdosa orang yang menghafal Al Qur`an kemudian melupakannya, dan seperti apa bentuknya ?. Bagaimana dengan hadits ini, yang diriwayatkan oleh Abu Dawud bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa 'ala alihi wa sallam bersabda :

عُرضت علي ذنوب أمتي فلم أر ذنباً أعظم من آية أو سورة أوتيها رجل فنسيها
_"Telah ditampakkan kepadaku dosa-dosa umatku. Maka aku tidak melihat ada dosa yang lebih besar daripada seseorang yang telah menghafal sebuah ayat atau surat lalu ia melupakannya"_

🅾 *J A W A B A N*
📦 "Apabila seseorang melalaikan dan mengabaikan Kitabullah maka dia berdosa dengan suatu dosa yang hanya Allah yang mengetahui kadarnya.
🗯 Dan jika ia tidak melalaikan, tapi mengalami suatu penyakit, atau masalah-masalah dan kesibukan-kesibukan melebihi batas kemampuannya, maka saya berharap ia tidak berdosa.

🛅 Dan hadits tersebut, saya telah meneliti ulang, maka saya mendapatinya di "Sunan Abi Dawud" dan "Faidhul Qadir", dari jalan Al Muththalib bin 'Abdillah bin Hanthab dari Anas, sedangkan Al Muththalib bin 'Abdillah bin Hanthab tidak mendengar dari Anas, sehingga *hadits tersebut dha'if (lemah).*

🕸 Tinggal perkara orang yang menyia-nyiakan dan tidak memperdulikan Al Qur`an, maka ini berdosa. Jika tidak, maka Nabi shallallahu 'alaihi wa 'ala alihi wa sallam bersabda :

رحم الله فلاناً لقد ذكرني آية كذا وكذا كنت أنسيتها
_"Semoga Allah merahmati Fulan, ia telah mengingatkanku akan ayat ini dan itu yang mana aku telah dilupakan darinya"_

🛫 Jadi, *seseorang apabila lupa lalu ia mengingat-ingat kembali maka ini perkara yang terpuji.*

🚀 Akan tetapi, jika ia lupa lalu mengabaikan dan melalaikannya, maka ia dianggap berdosa dengan suatu dosa yang hanya Allah yang mengetahui kadarnya".

_______________
📚 ```Ijabatus Sa`il (399-400)```
🖥 ```Link fatwa``` || http://muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=4641

*****
🗃 Arsip WALIS » http://walis-net.blogspot.com/2016/09/berdosakah-orang-yang-menghafal-al.html
🗳 Kritik dan saran » http://goo.gl/d0M01P
🕰 Faedah Lain » http://walis.salafymedia.com/

•┈┈┈┈•◈◉✹❒📚❒✹◉◈•┈┈┈┈•

💡 فتاوى القرآن وعلومه 💡
📼 للإمام المحدث أبي عبدالرحمن مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله ▫▪

🔻 هل يأثم من يحفظ القرآن ثم ينساه ؟ 🔻

⬇ السؤال:
هل يأثم من يحفظ القرآن ثم ينساه وما صفة هذا ؟ والحديث الذي رواه أبو داود أن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - قال :  عُرضت علي ذنوب أمتي فلم أر ذنباً أعظم من آية أو سورة أوتيها رجل فنسيها  ؟

⬇ الإجابة:
إن كان الشخص قصر وأهمل كتاب الله فيأثم إثماً الله أعلم بمقداره ، وإن لم يقصر وابتلي بمرض أو بمشاكل ومشاغل فوق طاقته وقدرته فأرجو أن لا يأثم .

والحديث أنا راجعته فوجدته في < سنن أبي داود > وفي < فيض القدير > من طريق المطلب بن عبدالله بن حنطب عن أنس ، والمطلب بن عبدالله بن حنطب لم يسمع من أنس ، فالحديث ضعيف .

بقي التفريط وعدم المبالاة بالقرآن هذا يأثم ، وإلا فالنبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - يقول : " رحم الله فلاناً لقد ذكرني آية كذا وكذا كنت أنسيتها " ، فالشخص إذا نسي وذاكر هذا أمر محمود ، لكن إذا نسي وأهمل وفرط فهوو يعتبر آثماً إثماً الله أعلم بمقداره .

🔖〰🔖〰🔖
راجع كتاب : ( إجابة السائل ص 399 - 400 )
🔖〰🔖〰🔖

🔊 الفتوى صوتياً : 👇
http://muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=4641

•••••••
📲 *Majmu'ah AL ISTIFADAH*
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
🔵 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة
🗓 Sabtu, 15 Dzulhijjah 1437H / 17 September 2016M

•┈┈┈┈•◈◉✹❒📚❒✹◉◈•┈┈┈┈•

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

CIRI CIRI AD DABBAH

➖➖➖➖➖➖➖➖
Ad Dabbah (Binatang Melata Yang Muncul Pada Akhir Zaman)
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣🕸 Ciri ciri Ad Dabbah.
▫Sebagian ulama menyebutkan ciri ciri ad Dabbah tersebut, namun tidak satu pun ciri ciri yang disebutkan di topang oleh dalil baik dari ayat Al Qur an maupun dari Hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Yang shahih. Maka cukuplah bagi kita untuk mengimani apa yang telah disebutkan Allah Ta'ala dan Rasul Nya tentang ad Dabbah, tanpa perlu menetapkan ciri cirinya secara mendetail, karena perkara tersebut termasuk hal ghaib yang tidak bisa diketahui dari wahyu berupa ayat al Qur an ataupun hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam yang shahih.▫Al 'allamah as Sa'dy Rohimahullah berkata dalam lanjutan tafsir ayat 82 dari surat an Naml dia atas: Allah dan Rasul Nya tidaklah menyebutkan bagaimana wujud binatang melata ini, akan tetapi beliau menyebutkan dampak dan maksud dari dikeluarkannya binatang tersebut. Bahwasannya ia adalah termasuk dari tanda tanda kekuasaan A…

AL JANNAH DAN SIFAT PENDUDUKNYA

✅🌴🌸 SIFAT-SIFAT AL-JANNAH, KENIKMATANNYA, DAN SIFAT PENDUDUKNYA
======================📕 Pelajaran Shohih Muslim
🔰 Kitabul-Jannah
🔘 Hadits No.1
—-------------------
✅ Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

حُفَّتِ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ، وَحُفَّتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ

“Al-Jannah (surga) dikelilingi oleh perkara-perkara yang tidak disenangi, dan An-Naar (neraka) dikelilingi oleh syahwat (hawa nafsu).”  (HR. Muslim No.2822)

✅ Takhrij Hadits
Hadits ini diriwayatkan pula oleh:
Ahmad (12559), (13671), (14030), At-Tirmidzi (2559), Abu Nu’aim dlm “Sifatul-Jannah” (42), dan selain mereka.

📌 Disebutkan pula dalam Shohih Al-Bukhori No. 6487 , dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu dengan lafazh,

حُجِبَتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ، وَحُجِبَتِ الجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ

“An-Naar ditutupi dengan syahwat (hawa nafsu), dan Al-Jannah ditutupi dengan perkara-perkara yang dibenci.”

〰➰〰
✅ Syarah (Penjelasan):📝📮 Makna Hadits in…

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI

URUTAN ULAMA KIBAR DITINJAU DARI SISI UMUR/USIA (yang masih hidup di zaman sekarang) : Asy Syaikh Hasan bin Abdul Wahhab Marzuq Al Banna. [Lahir 1344 H / 1923 M. Usia 94 tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Luhaidan. [Lahir 1350  H / 1929 M -- Usia 88 Tahun.]Asy Syaikh Robi’ Al Madkhali. [Lahir 1351 H / 1930 M -- Usia 87 Tahun.]Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad. [Lahir 1353 H / 1932 M -- Usia 85 Tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Fauzan [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ali bin Nashr Al Faqihi. [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ubaid Al Jabiri. [Lahir 1357 H / 1936 M -- Usia 81 Tahun.]
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=152013
Tambahan : Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Asy Syaikh (Mufti Umum KSA). [Lahir 1362 H / 1941 M --Usia 76 Tahun.] _________
Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Ilmu ini Dibawa oleh Orang-orang yang Adil (para Ulama’) pada Setiap Generasi. Mereka Menghilangkan Penyimpangan Makna (alQuran dan Hadits) ya…

RIS


Radio Ittiba'us Salaf Sumpiuh