Langsung ke konten utama

MANHAJ TAHDZIR

‼⛔✅
〰〰〰
MANHAJ TAHDZIR

Manhaj TAHDZIR adalah MANHAJ NUBUWWAH, diantara prinsip-prinsip ajaran Islam, Sunnah dan manhajnya para salafush shalih.

Didalam Islam ada dua hal yang berpasangan, yaitu "ta'shiil" dan "tahdzir", atau sebaliknya.

"Ta'shil" adalah: menanamkan apa-apa yang semestinya, sedangkan "tahdzir" adalah: memperingatkan dari apa-apa yang tidak semestinya.

1⃣ Seorang muwahhid yang hakiki mesti memiliki kedua prinsip tersebut, jika tidak maka tauhidnya tidak teranggap, karena prinsip seorang muwahhid adalah ada pada kalimat " لا إله إلا الله ".

Pada kalimat "لا إله" terdapat "tahdzir", yakni mentahdzir sesembahan yang lain selain Allah, bahwa semuanya adalah bathil, tidak berhak diibadahi.

Sedangkan  kalimat "إلا الله" merupakan "ta'shil", penanaman prinsip bahwa hanya Allahlah sesembahan yang haq untuk di sembah.

2⃣ Seorang sunniy yang hakiki mesti ada padanya kedua prinsip itu "ta'shil" dan "tahdzir", jika tidak, maka kesunniyyahannya tidak teranggap.

Seorang sunny mesti menanamkan pada dirinya prinsip bahwa sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para shahabatlah yang mesti dipegang dalam beragama, inilah "ta'shil".

Sebaliknya dia mesti meninggalkan  serta memperingatkan manusia dari segala kebid'ahan dalam urusan agama, inilah "tahdzir".

3⃣ Al-Qur'an maupun As-Sunnah terkandung di dalamnya berbagai perintah dan larangan, maka perintah adalah merupakan "ta'shil", sedangkan larangan-larangan merupakan "tahdzir".

Seorang muslim yang tidak memiki prinsip "tashil" dan "tahdzir", maka keislamannya akan rusak.

Orang yang tidak memahami dan tidak menerima prinsip "tashil" dan "tahdzir", maka dia adalah orang yang jahil terhadap ajaran islam, dia menyimpang dari jalan Allah.

Demikian pula setiap kelompok yang demikian, menyimpang dari jalan Allah.

Wallahul Muwaffiq.

✍🏼Penulis: Abu Hafsh Al-Ambony.

📗Fawaid Ilmiah dari Al-Ustadz Muhammad Tasyrif hafidzahullah di Grup Telegram "Ikhwan Sultra Menyapa".

〰〰〰〰〰〰〰
📚🔰Salafy Kendari || https://telegram.me/salafykendari

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI

URUTAN ULAMA KIBAR DITINJAU DARI SISI UMUR/USIA (yang masih hidup di zaman sekarang) : Asy Syaikh Hasan bin Abdul Wahhab Marzuq Al Banna. [Lahir 1344 H / 1923 M. Usia 94 tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Luhaidan. [Lahir 1350  H / 1929 M -- Usia 88 Tahun.]Asy Syaikh Robi’ Al Madkhali. [Lahir 1351 H / 1930 M -- Usia 87 Tahun.]Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad. [Lahir 1353 H / 1932 M -- Usia 85 Tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Fauzan [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ali bin Nashr Al Faqihi. [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ubaid Al Jabiri. [Lahir 1357 H / 1936 M -- Usia 81 Tahun.]
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=152013
Tambahan : Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Asy Syaikh (Mufti Umum KSA). [Lahir 1362 H / 1941 M --Usia 76 Tahun.] _________
Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Ilmu ini Dibawa oleh Orang-orang yang Adil (para Ulama’) pada Setiap Generasi. Mereka Menghilangkan Penyimpangan Makna (alQuran dan Hadits) ya…

CIRI CIRI AD DABBAH

➖➖➖➖➖➖➖➖
Ad Dabbah (Binatang Melata Yang Muncul Pada Akhir Zaman)
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣🕸 Ciri ciri Ad Dabbah.
▫Sebagian ulama menyebutkan ciri ciri ad Dabbah tersebut, namun tidak satu pun ciri ciri yang disebutkan di topang oleh dalil baik dari ayat Al Qur an maupun dari Hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Yang shahih. Maka cukuplah bagi kita untuk mengimani apa yang telah disebutkan Allah Ta'ala dan Rasul Nya tentang ad Dabbah, tanpa perlu menetapkan ciri cirinya secara mendetail, karena perkara tersebut termasuk hal ghaib yang tidak bisa diketahui dari wahyu berupa ayat al Qur an ataupun hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam yang shahih.▫Al 'allamah as Sa'dy Rohimahullah berkata dalam lanjutan tafsir ayat 82 dari surat an Naml dia atas: Allah dan Rasul Nya tidaklah menyebutkan bagaimana wujud binatang melata ini, akan tetapi beliau menyebutkan dampak dan maksud dari dikeluarkannya binatang tersebut. Bahwasannya ia adalah termasuk dari tanda tanda kekuasaan A…

KITAB "MARHABAN YA THALIB AL-ILMI"

🚪⛵ مرحبا يا طالب العلم
📝 العلامة الشيخ ربيع بن هادي المدخلي حفظه الله تعالى
📇 دار الميراث النبوي📖 488 halaman💳 Rp. 188.000,-📚 Kitab “Marhaban Ya Thalib al-‘Ilmi” merupakan kumpulan ceramah-ceramah dan durus asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali, seorang ‘alim besar masa ini, yang beliau sampaikan dalam berbagai kesempatan.Dalam kitab ini terkandung :
1⃣ PERTAMA : Peletakan dasar-dasar dan penjelasan kaidah-kaidah manhajiyyah  bagi seorang penuntut ilmu. Dua hal tersebut apabila diambil dari ulama kibar maka akan bermanfaat. Sebaliknya jika itu diambil dari shighar maka akan timbul bahaya.  Sementara penulis kitab ini tidak diragukan lagi adalah seorang ‘ulama kibar.2⃣ KEDUA : Di antara kelebihan kitab ini, mengandung bantahan terhadap syubhat-syubhat.3⃣ KETIGA : Kitab ini mengandung pula ADAB-ADAB PENUNTUT ILMU :
▫ Penuntut ilmu dan keikhlasan, penuntut ilmu dan bagaimana adab-nya kepada Allah
▪ Penuntut ilmu dan Sunnah, penuntut ilmu dan bagaimana ada-nya dengan pemilik Sunnah …

RIS


Radio Ittiba'us Salaf Sumpiuh