MANHAJ TAHDZIR

‼⛔✅
〰〰〰
MANHAJ TAHDZIR

Manhaj TAHDZIR adalah MANHAJ NUBUWWAH, diantara prinsip-prinsip ajaran Islam, Sunnah dan manhajnya para salafush shalih.

Didalam Islam ada dua hal yang berpasangan, yaitu "ta'shiil" dan "tahdzir", atau sebaliknya.

"Ta'shil" adalah: menanamkan apa-apa yang semestinya, sedangkan "tahdzir" adalah: memperingatkan dari apa-apa yang tidak semestinya.

1⃣ Seorang muwahhid yang hakiki mesti memiliki kedua prinsip tersebut, jika tidak maka tauhidnya tidak teranggap, karena prinsip seorang muwahhid adalah ada pada kalimat " لا إله إلا الله ".

Pada kalimat "لا إله" terdapat "tahdzir", yakni mentahdzir sesembahan yang lain selain Allah, bahwa semuanya adalah bathil, tidak berhak diibadahi.

Sedangkan  kalimat "إلا الله" merupakan "ta'shil", penanaman prinsip bahwa hanya Allahlah sesembahan yang haq untuk di sembah.

2⃣ Seorang sunniy yang hakiki mesti ada padanya kedua prinsip itu "ta'shil" dan "tahdzir", jika tidak, maka kesunniyyahannya tidak teranggap.

Seorang sunny mesti menanamkan pada dirinya prinsip bahwa sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para shahabatlah yang mesti dipegang dalam beragama, inilah "ta'shil".

Sebaliknya dia mesti meninggalkan  serta memperingatkan manusia dari segala kebid'ahan dalam urusan agama, inilah "tahdzir".

3⃣ Al-Qur'an maupun As-Sunnah terkandung di dalamnya berbagai perintah dan larangan, maka perintah adalah merupakan "ta'shil", sedangkan larangan-larangan merupakan "tahdzir".

Seorang muslim yang tidak memiki prinsip "tashil" dan "tahdzir", maka keislamannya akan rusak.

Orang yang tidak memahami dan tidak menerima prinsip "tashil" dan "tahdzir", maka dia adalah orang yang jahil terhadap ajaran islam, dia menyimpang dari jalan Allah.

Demikian pula setiap kelompok yang demikian, menyimpang dari jalan Allah.

Wallahul Muwaffiq.

✍🏼Penulis: Abu Hafsh Al-Ambony.

📗Fawaid Ilmiah dari Al-Ustadz Muhammad Tasyrif hafidzahullah di Grup Telegram "Ikhwan Sultra Menyapa".

〰〰〰〰〰〰〰
📚🔰Salafy Kendari || https://telegram.me/salafykendari

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI :

CIRI CIRI AD DABBAH

KESESATAN ZAKIR NAIK