STASIUN KA HENK SNEEVLIET WAKILI PKI

Tukpencarialhaq:
💥(STASIUN KA)  HENK SNEEVLIET WAKILI PKI DI KOMINTERN - SEKILAS TENTANG SOSOK YANG MENJADI CIKAL BAKAL BERDIRINYA PKI (PARTAI KOMUNIS INDONESIA)💥

Nukilan:

Sneevliet tinggal di Hindia Belanda sejak 1913 hingga 1918 dan ia segera aktif dalam perjuangan melawan kekuasaan Belanda. Pada 1914, ia ikut mendirikan Perhimpunan Demokratis Sosial Hindia (ISDV) yang anggotanya mencakup orang-orang Belanda dan Indonesia.

Ia juga kembali ke dalam kegiatan serikat buruh, menjadi anggota dari VSTP, Vereeniging van Spoor- en Tramwegpersoneel (Serikat Buruh Kereta Api dan Trem), sebuah serikat buruh yang unik karena anggotanya terdiri atas orang-orang Belanda dan Indonesia. Berkat pengalamannya sebagai pemimpin buruh, ia segera berhasil mengubah serikat buruh yang masih agak moderat ini menjadi serikat buruh yang lebih modern dan agresif dengan sebagian besar anggotanya orang Indonesia. Serikat buruh ini kelak menjadi basis bagi gerakan komunis Indonesia.. .

Kembali di Belanda, Sneevliet agak tersingkirkan oleh pimpinan CPH, yang mengkritik taktiknya di Hindia Belanda. Karena itu ia lebih banyak menghabiskan waktunya dalam gerakan buruh. Di sana ia menolong mengorganisasi pemogokan transportasi 1920.
👉💥Pada tahun yang sama ia juga hadir pada kongres kedua Komintern di Moskow, sebagai wakil dari Partai Komunis Indonesia(PKI), yang menggantikan ISDV yang didirikan oleh Sneevliet.💥📢 Lenin merasa cukup terkesan olehnya sehingga ia mengutus Sneevliet sebagai wakil Komintern ke Tiongkok, untuk membantuPartai Komunis Tiongkok yang masih kecil.

Walhasil, atas dedikasi dan perjuangannya (tentunya) ,  nama pendiri cikal bakal PKI (Partai Komunis Indonesia) ini diabadikan sebagai nama stasiun kereta api di negeri Belanda. Wallahul musta'an

Jadi jangan heran jika Belanda merupakan markas bagi para PKI dan "herder"nya dalam menyerang pemerintah Indonesia.

Semoga Allah Ta'ala selalu mencurahkan perlindungan dan mengistiqamahkan para pemimpin di negeri kita di atas jalan yang diridhaiNya, amien.

🔆👣🔆👣🔆👣🔆👣🔆
⚔🛡Anti Terrorist Menyajikan Bukti & Fakta Yang Nyata
📇 Klik ➡JOIN⬅ Channel Telegram: http://bit.ly/tukpencarialhaq
🌎 http://tukpencarialhaq.com || http://tukpencarialhaq.wordpress.com

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI :

CIRI CIRI AD DABBAH

KESESATAN ZAKIR NAIK