Langsung ke konten utama

HUKUM SHALAT KHUSUS PADA MALAM NISHFU SYA'BAN

ITTIBA'US SALAF:
🚇HUKUM SHALAT KHUSUS PADA MALAM NISHFU SYA'BAN

{Nishfu Sya'ban = hari pada pertengahan bulan Sya'ban}

➰Bagaimana hukumnya mengkhususkan shalat pada malam Nishfu Sya'ban?

✍🏻 Syaikh Ibnu Baz rahimahullah mengatakan,

ما ورد في فضل الصلاة فيها فكله موضوع. [مجموع الفتاوى (١-١٨٦)]

"Hadis tentang keutamaan shalat pada malam nishfu Sya'ban seluruhnya palsu."
[Majmu' Fatawa beliau, 1/186]

✍🏻 Syaikh Ibnu Baz rahimahullah juga mengatakan,

الاحتفال بليلة النصف من شعبان بالصلاة أو غيرها, وتخصيص يومها بالصيام بدعة منكرة عند أكثر أهل العلم، وليس له أصل في الشرع المطهر، بل هو مما حدث في الإسلام بعد عصر الصحابة رضي الله عنهم. مجموع الفتاوى (١-١٩١)

"Merayakan malam Nishfu Sya'ban dengan shalat atau selainnya, serta puasa pada siang harinya, adalah bid'ah yang mungkar menurut mayoritas para ulama. Hal itu tidak ada dalilnya dari syariat yang suci ini. Bahkan, itu perkara yang diadakan setelah generasi sahabat radhiyallahu 'anhum."
[Majmu' Fatawa beliau 1/191]

✍🏻 Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,

الصحيح أن صيام النصف من شعبان أو تخصيصه بقراءة، أو بذكر لا أصل له، فيوم النصف من شعبان كغيره من أيام النصف في الشهور الأخرى. مجموع الفتاوى (٢٠-٢٣).

"Yang benar, puasa nishfu Sya'ban dan mengkhususkannya untuk membaca dan zikir tertentu, tidak ada dalilnya. Hari nishfu Sya'ban seperti hari pertengahan di bulan lainnya."
[Majmu' Fatawa beliau 20/23]

✍🏻 Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,

صيام يوم النصف من شعبان بخصوصه ليس بسنة، وإذا لم يكن صومه سنة كان بدعة، لأن الصوم عبادة فإذا لم تثبت مشروعيته كان بدعة. مجموع الفتاوى (٢٠-٢٦).

"Puasa nishfu Sya'ban secara khusus bukan termasuk sunnah (ajaran Nabi shallallahu 'alaihi wasallam). Jika bukan sunnah, berarti bid'ah. Karena, puasa adalah ibadah. Jika tidak disyariatkan, berarti bid'ah."
[Majmu' Fatawa beliau 20/26]

📟 https://tlgrm.me/ittibaussalafsumpiuh
••••
Sumber:
@tashfiyah | www.tashfiyah.com
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
📂 Meniti Jejak Salafus Shaleh
🌠 Majmu'ah Ittiba'us Salaf

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

CIRI CIRI AD DABBAH

➖➖➖➖➖➖➖➖
Ad Dabbah (Binatang Melata Yang Muncul Pada Akhir Zaman)
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣🕸 Ciri ciri Ad Dabbah.
▫Sebagian ulama menyebutkan ciri ciri ad Dabbah tersebut, namun tidak satu pun ciri ciri yang disebutkan di topang oleh dalil baik dari ayat Al Qur an maupun dari Hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Yang shahih. Maka cukuplah bagi kita untuk mengimani apa yang telah disebutkan Allah Ta'ala dan Rasul Nya tentang ad Dabbah, tanpa perlu menetapkan ciri cirinya secara mendetail, karena perkara tersebut termasuk hal ghaib yang tidak bisa diketahui dari wahyu berupa ayat al Qur an ataupun hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam yang shahih.▫Al 'allamah as Sa'dy Rohimahullah berkata dalam lanjutan tafsir ayat 82 dari surat an Naml dia atas: Allah dan Rasul Nya tidaklah menyebutkan bagaimana wujud binatang melata ini, akan tetapi beliau menyebutkan dampak dan maksud dari dikeluarkannya binatang tersebut. Bahwasannya ia adalah termasuk dari tanda tanda kekuasaan A…

AL JANNAH DAN SIFAT PENDUDUKNYA

✅🌴🌸 SIFAT-SIFAT AL-JANNAH, KENIKMATANNYA, DAN SIFAT PENDUDUKNYA
======================📕 Pelajaran Shohih Muslim
🔰 Kitabul-Jannah
🔘 Hadits No.1
—-------------------
✅ Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

حُفَّتِ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ، وَحُفَّتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ

“Al-Jannah (surga) dikelilingi oleh perkara-perkara yang tidak disenangi, dan An-Naar (neraka) dikelilingi oleh syahwat (hawa nafsu).”  (HR. Muslim No.2822)

✅ Takhrij Hadits
Hadits ini diriwayatkan pula oleh:
Ahmad (12559), (13671), (14030), At-Tirmidzi (2559), Abu Nu’aim dlm “Sifatul-Jannah” (42), dan selain mereka.

📌 Disebutkan pula dalam Shohih Al-Bukhori No. 6487 , dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu dengan lafazh,

حُجِبَتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ، وَحُجِبَتِ الجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ

“An-Naar ditutupi dengan syahwat (hawa nafsu), dan Al-Jannah ditutupi dengan perkara-perkara yang dibenci.”

〰➰〰
✅ Syarah (Penjelasan):📝📮 Makna Hadits in…

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI

URUTAN ULAMA KIBAR DITINJAU DARI SISI UMUR/USIA (yang masih hidup di zaman sekarang) : Asy Syaikh Hasan bin Abdul Wahhab Marzuq Al Banna. [Lahir 1344 H / 1923 M. Usia 94 tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Luhaidan. [Lahir 1350  H / 1929 M -- Usia 88 Tahun.]Asy Syaikh Robi’ Al Madkhali. [Lahir 1351 H / 1930 M -- Usia 87 Tahun.]Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad. [Lahir 1353 H / 1932 M -- Usia 85 Tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Fauzan [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ali bin Nashr Al Faqihi. [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ubaid Al Jabiri. [Lahir 1357 H / 1936 M -- Usia 81 Tahun.]
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=152013
Tambahan : Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Asy Syaikh (Mufti Umum KSA). [Lahir 1362 H / 1941 M --Usia 76 Tahun.] _________
Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Ilmu ini Dibawa oleh Orang-orang yang Adil (para Ulama’) pada Setiap Generasi. Mereka Menghilangkan Penyimpangan Makna (alQuran dan Hadits) ya…

RIS


Radio Ittiba'us Salaf Sumpiuh