Langsung ke konten utama

NASEHAT UNTUKMU PARA PECANDU TELEVISI

sumber foto: AlFawaaid.Net
Asy-Syaikh al-'Allamah Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan:
Apa pendapat anda tentang
  1. seseorang yang nonton televisi,
  2. mendengarkan musik
  3. dan memandang wanita (bukan mahramnya) di siang hari bulan Ramadhan.
  4. Dia juga berbicara dengan ucapan-ucapan kotor atau semisalnya?
Jawaban:
Betapa banyak orang yang berpuasa namun hanya mendapatkan lapar dan dahaga. Pada hakikatnya dia tidak berpuasa meskipun kewajibannya telah gugur. Kita tidak mengharuskan orang itu untuk mengqadha puasa namun SEJATINYA DIA TIDAK BERPUASA.

Adapun landasannya adalah sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Siapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta, pengamalannya dan kejahilan, maka ALLAH tidak butuh kepada puasanya (amalannya meninggalkan makanan dan minuman).” Apa gunanya berpuasa.
Namun engkau hendaknya menasihatinya, Jazaakallaahu khoiro katakan kepadanya: “Wahai saudaraku, ini adalah bulan penuh barakah, bulan ketaatan dan bulan ketakwaan.”
Sumber: [Liqa Al Bab Al Maftuh : 223]

[ السؤال ]
ما رأيكم في رجل يصوم: وفي نهار رمضان يرى التلفاز، ويسمع الغناء، ويرى النساء، وفي نهار رمضان يتكلم بالكلام البذيء,ونحو ذلك؟
[ الجواب ]
رب صائم حظه من صيامه الجوع والظمأ، هذا في الحقيقة ما صام، وإن كانت ذمته برئت، ولا نلزمه بقضاء الصيام لكنه حقيقة ما صام، الدليل: قول النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم: «من لم يدع قول الزور والعمل به والجهل فليس لله حاجة في أن يدع طعامه وشرابه» ما هي الفائدة من الصوم! لكن عليك أن تنصحه جزاك الله خيراً، وتقول: يا أخي, هذا شهر مبارك. شهر طاعة. شهر تقوى.
المصدر: لقاء الباب المفتوح [223]
Dari Channel Telegram @KajianIslamTemanggung
※•┈┈┈┈•••Edisi•••┈┈┈┈┈•※
IIII مجموعة الأخوة السلفية •✦• MUS IIII
https://t.me/ukhuwahsalaf

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON SANTRI/SANTRIWATI BARU MA'HAD AL ITTIBA' SUMPIUH

Bismillah, berikut adalah daftar calon santri yang diterima di Ma'had Al Ittiba Sumpiuh:


DAFTAR SANTRI BARU

MARHALAH : IDAD TAKHASHSHUSH PUTRA NO NAMA ALAMAT 1 SABRI WIDITIA MAOS CILACAP 2 ZUFAR THUFAIL AL QUDAMA MAJENANG 3 ISMAEL ROMAN RIQUELME CENGKARENG TIMUR 4 MUHAMMAD ALFIAN RAHMANTO DEPOK 5 WILLY WOUNDROUS ISLAM CILACAP 6 MUHAMMAD HASAN BAROROH PALEMBANG

Audio Kajian Semarak Ramadhan 1440H dan Khutbah Iedul Fitri 1440H

CIRI CIRI AD DABBAH

➖➖➖➖➖➖➖➖
Ad Dabbah (Binatang Melata Yang Muncul Pada Akhir Zaman)
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣🕸 Ciri ciri Ad Dabbah.
▫Sebagian ulama menyebutkan ciri ciri ad Dabbah tersebut, namun tidak satu pun ciri ciri yang disebutkan di topang oleh dalil baik dari ayat Al Qur an maupun dari Hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Yang shahih. Maka cukuplah bagi kita untuk mengimani apa yang telah disebutkan Allah Ta'ala dan Rasul Nya tentang ad Dabbah, tanpa perlu menetapkan ciri cirinya secara mendetail, karena perkara tersebut termasuk hal ghaib yang tidak bisa diketahui dari wahyu berupa ayat al Qur an ataupun hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam yang shahih.▫Al 'allamah as Sa'dy Rohimahullah berkata dalam lanjutan tafsir ayat 82 dari surat an Naml dia atas: Allah dan Rasul Nya tidaklah menyebutkan bagaimana wujud binatang melata ini, akan tetapi beliau menyebutkan dampak dan maksud dari dikeluarkannya binatang tersebut. Bahwasannya ia adalah termasuk dari tanda tanda kekuasaan A…

RIS


Radio Ittiba'us Salaf Sumpiuh