Langsung ke konten utama

MUSLIM KOK SENANG BERFOTO RIA (SELFIE)

Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah

Pertanyaan:
هل يجوز لإنسان تصوير نفسه وإرسال الصورة إلى أهله في أوقات عيد ونحوها؟

"Apakah boleh bagi seseorang untuk memfoto dirinya sendiri, lalu mengirimkan foto tersebut kepada keluarga nya, disaat hari raya atau yang semisalnya? "

Jawab:
قد تكاثرت الأحاديث عن رسول الله صلى الله عليه وسلم في النهي عن التصوير ولعن المصورين ووعيدهم بأنواع الوعيد

"Telah ada banyak hadits dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang melarang menggambar makhluk bernyawa (termasuk foto _pent), dan terdapat laknat bagi para penggambar tersebut beserta ancaman yang bermacam-macam bentuknya.

فلا يجوز للمسلم أن يصور نفسه ولا أن يصور غيره من ذوات الأرواح إلا عند الضرورة كالجواز والتابعية ونحو ذلك

Maka tidak diperbolehkan seorang muslim memfoto dirinya sendiri ataupun memfoto selain dirinya dari makhluk yang bernyawa, kecuali dalam keadaan darurat (mengharuskan), seperti misalnya adalah paspor, kartu tanda penduduk, dan yang semisalnya.

نسأل الله أن يصلح أحوال المسلمين، وأن يوفق ولاة الأمر للتمسك بشريعته والحذر مما خالفها إنه خير مسئول. والله الموفق

Kita meminta kepada Allah agar memperbaiki keadaan kaum muslimin. Dan semoga Allah melimpahkan taufiq kepada pemerintah agar bisa berpegang teguh dengan syariat serta menjauhi segala yang menyelisihi syariat. Sesungguhnya Dialah sebaik-baik yang dimintai pertolongan. Wallahul Muwaffiq.

Sumber || http://www.binbaz.org.sa/fatawa/16

Kunjungi || http://forumsalafy.net/berfoto-dan-mengirimkannya-kepada-keluarga/

WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || http://telegram.dog/forumsalafy

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON SANTRI/SANTRIWATI BARU MA'HAD AL ITTIBA' SUMPIUH

Bismillah, berikut adalah daftar calon santri yang diterima di Ma'had Al Ittiba Sumpiuh:


DAFTAR SANTRI BARU

MARHALAH : IDAD TAKHASHSHUSH PUTRA NO NAMA ALAMAT 1 SABRI WIDITIA MAOS CILACAP 2 ZUFAR THUFAIL AL QUDAMA MAJENANG 3 ISMAEL ROMAN RIQUELME CENGKARENG TIMUR 4 MUHAMMAD ALFIAN RAHMANTO DEPOK 5 WILLY WOUNDROUS ISLAM CILACAP 6 MUHAMMAD HASAN BAROROH PALEMBANG

Audio Kajian Semarak Ramadhan 1440H dan Khutbah Iedul Fitri 1440H

CIRI CIRI AD DABBAH

➖➖➖➖➖➖➖➖
Ad Dabbah (Binatang Melata Yang Muncul Pada Akhir Zaman)
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣🕸 Ciri ciri Ad Dabbah.
▫Sebagian ulama menyebutkan ciri ciri ad Dabbah tersebut, namun tidak satu pun ciri ciri yang disebutkan di topang oleh dalil baik dari ayat Al Qur an maupun dari Hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Yang shahih. Maka cukuplah bagi kita untuk mengimani apa yang telah disebutkan Allah Ta'ala dan Rasul Nya tentang ad Dabbah, tanpa perlu menetapkan ciri cirinya secara mendetail, karena perkara tersebut termasuk hal ghaib yang tidak bisa diketahui dari wahyu berupa ayat al Qur an ataupun hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam yang shahih.▫Al 'allamah as Sa'dy Rohimahullah berkata dalam lanjutan tafsir ayat 82 dari surat an Naml dia atas: Allah dan Rasul Nya tidaklah menyebutkan bagaimana wujud binatang melata ini, akan tetapi beliau menyebutkan dampak dan maksud dari dikeluarkannya binatang tersebut. Bahwasannya ia adalah termasuk dari tanda tanda kekuasaan A…

RIS


Radio Ittiba'us Salaf Sumpiuh