Langsung ke konten utama

AWAS BUDAYA SYIRIK JANGAN DILESTARIKAN

MEREKA TIDAK MAU MENGAMBIL PELAJARAN DARI MUSIBAH FESTIVAL PALU NOMONI 2018 M YANG MENGAKIBATKAN MURKA ALLAH تعالى,AKIBAT BUDAYA KESYIRIKAN YANG MEREKA BANGGAKAN

⛵️綾✔️ Nelayan Cilacap Siapkan Prosesi Sedekah Laut
Besok Jum'at 12 Oktobet 2018 M

AWAS SYIRIK DOSA BESAR

قال الله تعالى:
{ ‏إن الشرك لظلم عظيم‏} ‏ أي هو أعظم الظلم‏.‏ 
"Sesungguhnya kesyirikan adalah kedholiman yang besar"...

-------

⚠️ NELAYAN di pesisir selatan Cilacap, Jawa Tengah, menyiapkan prosesi sedekah laut sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas limpahan rezeki berupa ikan, kata Ketua Panitia Pisungsung Jaadri (Sedekah Laut) Tahun 2018 Tarmuji.

"Sedekah laut merupakan tradisi tahunan yang digelar nelayan secara turun-temurun. Tradisi sedekah laut tahun ini akan digelar pada hari Jumat Kliwon, 12 Oktober," katanya di Cilacap, Senin (17/9).

Ia mengatakan sebanyak 10 "jolen" berisi sesaji akan dilarung di perairan sebelah selatan Pulau Nusakambangan.

Menurut dia, "jolen" tersebut terdiri atas satu buah "jolen tunggul" yang berukuran besar dan sembilan "jolen" berukuran kecil.

"'Jolen tunggul' berasal dari Pemerintah Kabupaten Cilacap, sedangkan sembilan 'jolen' lainnya terdiri atas satu 'jolen' dari HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Cilacap dan delapan 'jolen' berasal dari delapan kelompok nelayan yang berada di wilayah eks kota administratif Cilacap," kata dia yang juga Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang.

Sebelum dilarung, kata dia, 10 "jolen" tersebut akan dikirab dari halaman Pendopo Wijayakusuma Sakti Kabupaten Cilacap menuju Pantai Teluk Penyu dan selanjutnya dibawa ke perairan sebelah selatan Pulau Nusakambangan dengan menggunakan perahu-perahu berukuran kecil.

Selain sebagai wujud syukur kepada Tuhan, lanjut dia, penyelenggaraan sedekah laut juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya yang telah berlangsung secara turun-temurun di pesisir selatan Kabupaten Cilacap.

"Kami berharap kegiatan ini juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cilacap khususnya Pantai Teluk Penyu," katanya.

Terkait dengan hasil tangkapan berupa ikan, Tarmuji mengakui jika hasilnya cukup melimpah dan saat sekarang masih berlangsung masa panen.

"Namun kadang kami terkendala oleh gelombang tinggi yang sering terjadi sehingga kami tidak berani melaut untuk mencari ikan," katanya. (OL-3)
_________________________
⬆️⬆️⬆️
Lihat apa yang mereka lakukan

✔️ أستغفرالله وأتوب إليه...

.. Hamba Allah

▶️ Bergabung di Channel:
https://t.me/ittibaussalafsumpiuh
www.ittibaussalaf.com

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

Audio Kajian Semarak Ramadhan 1440H dan Khutbah Iedul Fitri 1440H

CIRI CIRI AD DABBAH

➖➖➖➖➖➖➖➖
Ad Dabbah (Binatang Melata Yang Muncul Pada Akhir Zaman)
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣🕸 Ciri ciri Ad Dabbah.
▫Sebagian ulama menyebutkan ciri ciri ad Dabbah tersebut, namun tidak satu pun ciri ciri yang disebutkan di topang oleh dalil baik dari ayat Al Qur an maupun dari Hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Yang shahih. Maka cukuplah bagi kita untuk mengimani apa yang telah disebutkan Allah Ta'ala dan Rasul Nya tentang ad Dabbah, tanpa perlu menetapkan ciri cirinya secara mendetail, karena perkara tersebut termasuk hal ghaib yang tidak bisa diketahui dari wahyu berupa ayat al Qur an ataupun hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam yang shahih.▫Al 'allamah as Sa'dy Rohimahullah berkata dalam lanjutan tafsir ayat 82 dari surat an Naml dia atas: Allah dan Rasul Nya tidaklah menyebutkan bagaimana wujud binatang melata ini, akan tetapi beliau menyebutkan dampak dan maksud dari dikeluarkannya binatang tersebut. Bahwasannya ia adalah termasuk dari tanda tanda kekuasaan A…

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON SANTRI/SANTRIWATI BARU MA'HAD AL ITTIBA' SUMPIUH

Bismillah, berikut adalah daftar calon santri yang diterima di Ma'had Al Ittiba Sumpiuh:


DAFTAR SANTRI BARU

MARHALAH : IDAD TAKHASHSHUSH PUTRA NO NAMA ALAMAT 1 SABRI WIDITIA MAOS CILACAP 2 ZUFAR THUFAIL AL QUDAMA MAJENANG 3 ISMAEL ROMAN RIQUELME CENGKARENG TIMUR 4 MUHAMMAD ALFIAN RAHMANTO DEPOK 5 WILLY WOUNDROUS ISLAM CILACAP 6 MUHAMMAD HASAN BAROROH PALEMBANG

RIS


Radio Ittiba'us Salaf Sumpiuh