Langsung ke konten utama

CARA-CARA YANG MEMBANTU WANITA MUSLIMAH UNTUK MELAKUKAN KETAATAN DI BULAN RAMADAN

Pertanyaan:
Apa cara-cara penting yang dapat membantu wanita untuk melakukan ketaatan di bulan Ramadan?

Dijawab oleh asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah:
Cara-cara yang dapat membantu seorang muslim baik laki-laki maupun wanita untuk melakukan ketaatan di bulan Ramadan adalah:

1. Rasa takut kepada Allah, dan meyakini bahwa Allah melihat hamba dalam segala perbuatan, ucapan, dan niatnya yang Allah akan menghisabnya atas hal itu. Jika seorang muslim merasa dengan hal tersebut, ia akan menyibukan diri dengan ketaatan, meninggalkan maksiat, dan segera bertobat dari maksiat.

2. Memperbanyak zikir dan membaca al-Qur'an. Karena hal itu dapat melembutkan hati.
Allah ta'ala berfirman (yang artinya), "Orang-orang yang beriman dan hati-hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram." (Q.S. Ar-Ra'd: 28)
Dan Allah berfirman (yang artinya), "Bergetarlah hati-hati mereka." (Q.S. Al-Anfal: 2)

3. Menjauhi segala rintangan-rintangan yang dapat mengeraskan dan menjauhkan hati dari Allah. (Rintangan itu) adalah seluruh maksiat, bergaul dengan orang-orang yang jelek, memakan makanan yang haram, lalai dari berzikir kepada Allah 'azza wa jalla, dan menyaksikan film-film yang merusak.

4. Wanita tetap tinggal di rumahnya, tidak keluar kecuali karena kebutuhan, serta segera kembali ke rumah setelah kebutuhanya terpenuhi.

5. Tidur di malam hari (tidak begadang). Karena hal itu dapat membantu untuk bangun di akhir malam dan mengurangi tidur di siang hari, sehingga ia dapat melaksanakan shalat-shalat wajib pada waktunya dan menggunakan waktunya untuk melakukan ketaatan.

6. Menjaga lisan dari ghibah, namimah, ucapan dusta dan ucapan yang diharamkan, serta mengunakan lisannya untuk berzikir.

(Dinukil dan diterjemahkan dari Fatawa al-Mar'ah al-Muslimah, hlm. 204, cet. Dar Ibnul Jauzi Mesir)
 Oleh: Ustadz Abul Abbas Shalih bin Zainal Abidin حفظه الله

➖ ➖ ➖ ➖ ➖
 “Tetap hadir di majelis ilmu syar'i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”
 Ayo Join dan Share :
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
↘️ Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
↘️ Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
↘️ Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI

URUTAN ULAMA KIBAR DITINJAU DARI SISI UMUR/USIA (yang masih hidup di zaman sekarang) : Asy Syaikh Hasan bin Abdul Wahhab Marzuq Al Banna. [Lahir 1344 H / 1923 M. Usia 94 tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Luhaidan. [Lahir 1350  H / 1929 M -- Usia 88 Tahun.]Asy Syaikh Robi’ Al Madkhali. [Lahir 1351 H / 1930 M -- Usia 87 Tahun.]Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad. [Lahir 1353 H / 1932 M -- Usia 85 Tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Fauzan [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ali bin Nashr Al Faqihi. [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ubaid Al Jabiri. [Lahir 1357 H / 1936 M -- Usia 81 Tahun.]
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=152013
Tambahan : Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Asy Syaikh (Mufti Umum KSA). [Lahir 1362 H / 1941 M --Usia 76 Tahun.] _________
Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Ilmu ini Dibawa oleh Orang-orang yang Adil (para Ulama’) pada Setiap Generasi. Mereka Menghilangkan Penyimpangan Makna (alQuran dan Hadits) ya…

CIRI CIRI AD DABBAH

➖➖➖➖➖➖➖➖
Ad Dabbah (Binatang Melata Yang Muncul Pada Akhir Zaman)
➖➖➖➖➖➖➖➖
Bagian 2⃣🕸 Ciri ciri Ad Dabbah.
▫Sebagian ulama menyebutkan ciri ciri ad Dabbah tersebut, namun tidak satu pun ciri ciri yang disebutkan di topang oleh dalil baik dari ayat Al Qur an maupun dari Hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam Yang shahih. Maka cukuplah bagi kita untuk mengimani apa yang telah disebutkan Allah Ta'ala dan Rasul Nya tentang ad Dabbah, tanpa perlu menetapkan ciri cirinya secara mendetail, karena perkara tersebut termasuk hal ghaib yang tidak bisa diketahui dari wahyu berupa ayat al Qur an ataupun hadits Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam yang shahih.▫Al 'allamah as Sa'dy Rohimahullah berkata dalam lanjutan tafsir ayat 82 dari surat an Naml dia atas: Allah dan Rasul Nya tidaklah menyebutkan bagaimana wujud binatang melata ini, akan tetapi beliau menyebutkan dampak dan maksud dari dikeluarkannya binatang tersebut. Bahwasannya ia adalah termasuk dari tanda tanda kekuasaan A…

KITAB "MARHABAN YA THALIB AL-ILMI"

🚪⛵ مرحبا يا طالب العلم
📝 العلامة الشيخ ربيع بن هادي المدخلي حفظه الله تعالى
📇 دار الميراث النبوي📖 488 halaman💳 Rp. 188.000,-📚 Kitab “Marhaban Ya Thalib al-‘Ilmi” merupakan kumpulan ceramah-ceramah dan durus asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali, seorang ‘alim besar masa ini, yang beliau sampaikan dalam berbagai kesempatan.Dalam kitab ini terkandung :
1⃣ PERTAMA : Peletakan dasar-dasar dan penjelasan kaidah-kaidah manhajiyyah  bagi seorang penuntut ilmu. Dua hal tersebut apabila diambil dari ulama kibar maka akan bermanfaat. Sebaliknya jika itu diambil dari shighar maka akan timbul bahaya.  Sementara penulis kitab ini tidak diragukan lagi adalah seorang ‘ulama kibar.2⃣ KEDUA : Di antara kelebihan kitab ini, mengandung bantahan terhadap syubhat-syubhat.3⃣ KETIGA : Kitab ini mengandung pula ADAB-ADAB PENUNTUT ILMU :
▫ Penuntut ilmu dan keikhlasan, penuntut ilmu dan bagaimana adab-nya kepada Allah
▪ Penuntut ilmu dan Sunnah, penuntut ilmu dan bagaimana ada-nya dengan pemilik Sunnah …

RIS


Radio Ittiba'us Salaf Sumpiuh