Meniti Jejak Salafus Shaleh

Post Page Advertisement [Top]

Pertanyaan:
Apa cara-cara penting yang dapat membantu wanita untuk melakukan ketaatan di bulan Ramadan?

Dijawab oleh asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah:
Cara-cara yang dapat membantu seorang muslim baik laki-laki maupun wanita untuk melakukan ketaatan di bulan Ramadan adalah:

1. Rasa takut kepada Allah, dan meyakini bahwa Allah melihat hamba dalam segala perbuatan, ucapan, dan niatnya yang Allah akan menghisabnya atas hal itu. Jika seorang muslim merasa dengan hal tersebut, ia akan menyibukan diri dengan ketaatan, meninggalkan maksiat, dan segera bertobat dari maksiat.

2. Memperbanyak zikir dan membaca al-Qur'an. Karena hal itu dapat melembutkan hati.
Allah ta'ala berfirman (yang artinya), "Orang-orang yang beriman dan hati-hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram." (Q.S. Ar-Ra'd: 28)
Dan Allah berfirman (yang artinya), "Bergetarlah hati-hati mereka." (Q.S. Al-Anfal: 2)

3. Menjauhi segala rintangan-rintangan yang dapat mengeraskan dan menjauhkan hati dari Allah. (Rintangan itu) adalah seluruh maksiat, bergaul dengan orang-orang yang jelek, memakan makanan yang haram, lalai dari berzikir kepada Allah 'azza wa jalla, dan menyaksikan film-film yang merusak.

4. Wanita tetap tinggal di rumahnya, tidak keluar kecuali karena kebutuhan, serta segera kembali ke rumah setelah kebutuhanya terpenuhi.

5. Tidur di malam hari (tidak begadang). Karena hal itu dapat membantu untuk bangun di akhir malam dan mengurangi tidur di siang hari, sehingga ia dapat melaksanakan shalat-shalat wajib pada waktunya dan menggunakan waktunya untuk melakukan ketaatan.

6. Menjaga lisan dari ghibah, namimah, ucapan dusta dan ucapan yang diharamkan, serta mengunakan lisannya untuk berzikir.

(Dinukil dan diterjemahkan dari Fatawa al-Mar'ah al-Muslimah, hlm. 204, cet. Dar Ibnul Jauzi Mesir)
 Oleh: Ustadz Abul Abbas Shalih bin Zainal Abidin حفظه الله

➖ ➖ ➖ ➖ ➖
 “Tetap hadir di majelis ilmu syar'i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”
 Ayo Join dan Share :
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
↘️ Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
↘️ Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
↘️ Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak menggunakan emoticon dalam menulis komentar, Barakallahu fiikum.

Bottom Ad [Post Page]

| Original Designed by Colorlib | Design Retouched by AI Project