Langsung ke konten utama

NASEHAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah bin Sulaiman al-Jabiri hafidzahullahu:

Pertanyaan: "Semoga Allah membalas anda dengan kebaikan wahai Syaikh kami...
Beberapa hari yang akan datang, kita akan masuk bulan Ramadhan. Apa nasehat anda kepada anak-anak anda (para penuntut ilmu), seputar persiapan dalam menyambut bulan Ramadhan?"

Jawaban:
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله، وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

Tidak tersamarkan atas setiap muslim dan muslimah, kedudukan bulan yang mulia ini dalam Islam. Dan semua mengtahui (puasa padanya) merupakan rukun yang ke empat dari rukun Islam.
Dan hukumnya fardhu 'ain atas setiap muslim dan muslimah.

Hanya tersamarkan atas sebagian manusia, yang mereka bermudah-mudahan pada perkara ini.

Maka yang sepantasnya bagi seorang muslim pada bulan ini, adalah bersegera dalam mengerjakan perintah-perintah, dan yang terbesar adalah tauhid, mengikhlaskan agama hanya untuk Allah subhanahu wa ta'ala kemudian mengerjakan amal ketaatan yang lain dari yang sifatnya wajib atau sunnah.

Dan yang paling terbesar setelah tauhid adalah menjaga shalat-shalat lima waktu, yang dikerjakan pada waktu-waktunya.

Demikian pula menjauhi apa-apa yang Allah subhanahu wa ta'ala larang darinya, dan perkara terbesar yang Allah larang adalah kesyirikan, kemudian seluruh kemaksiatan dari dosa-dosa kecil dan besar, begitu pula dari kebid'ahan.

Dan yang dimaksud: Adalah seorang muslim menjaga dirinya dan melawan hawa nafsunya untuk tunduk pada perkara yang Allah cintai dan Allah ridhoi dan menjauhi perkara yang Allah benci dan Allah murkai.

Dan hendaknya ia menyibukkan waktunya, pada perkara yang padanya mengandung kemanfaatan agama atau dunianya.

Maka ini yang wajib, bagi setiap muslim dan muslimah.
Dan memanfaatkan kesempatan bulan ini (Ramadhan), dan bersemangat padanya dari membaca Kitabullah dan memperbanyak dari amalan-amalan sunnah dari shalat, shadaqah, menyambung silaturahmi, menjenguk orang sakit.

Maka perkara ini semua dari amalan-amalan yang ada, diperintahkan dan dituntut untuk dikerjakan sepanjang hidup seseorang, siang dan malam harinya. Namun di bulan Ramadhan, lebih ditekankan lagi, dikarenakan kemuliaan bulan ini dan agungnya kedudukannya di sisi Allah subhanahu wa ta'ala.

Allah subhanahu wa ta'ala, tidaklah mewajibkan puasa kecuali karena sebuah sebab.
Maka Ramadhan diwajibkan dengan hukum fardhu 'ain (wajib atas setiap individu) muslim dan muslimah yang sesuai dengan apa yang disebutkan oleh para ahli fiqh dari syarat-syarat puasa, dan apa yang selainnya maka tidaklan wajib kecuali karena sebuah sebab, seperti puasa nadzar dan kafarat.

Ini kesimpulan yang mungkin untuk disampaikan.

Komentar

Artikel yang Sering Dibaca

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON SANTRI/SANTRIWATI BARU MA'HAD AL ITTIBA' SUMPIUH

Bismillah, berikut adalah daftar calon santri yang diterima di Ma'had Al Ittiba Sumpiuh:


DAFTAR SANTRI BARU

MARHALAH : IDAD TAKHASHSHUSH PUTRA NO NAMA ALAMAT 1 SABRI WIDITIA MAOS CILACAP 2 ZUFAR THUFAIL AL QUDAMA MAJENANG 3 ISMAEL ROMAN RIQUELME CENGKARENG TIMUR 4 MUHAMMAD ALFIAN RAHMANTO DEPOK 5 WILLY WOUNDROUS ISLAM CILACAP 6 MUHAMMAD HASAN BAROROH PALEMBANG

URUTAN ULAMA' KIBAR YANG MASIH HIDUP DI ZAMAN INI

URUTAN ULAMA KIBAR DITINJAU DARI SISI UMUR/USIA (yang masih hidup di zaman sekarang) : Asy Syaikh Hasan bin Abdul Wahhab Marzuq Al Banna. [Lahir 1344 H / 1923 M. Usia 94 tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Luhaidan. [Lahir 1350  H / 1929 M -- Usia 88 Tahun.]Asy Syaikh Robi’ Al Madkhali. [Lahir 1351 H / 1930 M -- Usia 87 Tahun.]Asy Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad. [Lahir 1353 H / 1932 M -- Usia 85 Tahun.]Asy Syaikh Sholih Al Fauzan [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ali bin Nashr Al Faqihi. [Lahir 1354 H / 1933 M -- Usia 84 Tahun.]Asy Syaikh Ubaid Al Jabiri. [Lahir 1357 H / 1936 M -- Usia 81 Tahun.]
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=152013
Tambahan : Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Asy Syaikh (Mufti Umum KSA). [Lahir 1362 H / 1941 M --Usia 76 Tahun.] _________
Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Ilmu ini Dibawa oleh Orang-orang yang Adil (para Ulama’) pada Setiap Generasi. Mereka Menghilangkan Penyimpangan Makna (alQuran dan Hadits) ya…

PENERIMAAN SANTRI BARU MA'HAD AL-ITTIBA' SUMPIUH TAHUN 1439-1440 H/2018-2019 M

📋 *PENGUMUMAN**PENERIMAAN SANTRI/SANTRIWATI BARU MA'HAD AL-ITTIBA' SUMPIUH BANYUMAS JATENG**//Memilih Tempat Tarbiyah Islamiyah Di Atas Manhaj Salafiyah Adalah Perkara Terpenting Dan Mendasar Untuk Mencetak Generasi Umat Islam//*🚪 *TELAH DI BUKA:*
📚 *ANGKATAN*:
*1439-1440 H / 2018-2019 M*🚠 *MA'HAD AL ITTIBA'*
📮 _Jl.Dukuh rt 04 rw 01 kebokura Sumpiuh-Banyumas-Jateng_📊 *MARHALAH*
1⃣ Tahfidz lil banin wal banat
2⃣  I'dad Lughoh
3⃣  Takhosus lughoh*SYARAT PENDAFTARAN*✅ Tahfidz,untuk usia 7 s/d 12 tahun
✅ I'dad & Takhasus, untuk Usia minimal 12 tahun maksimal 17 tahun,dan tidak menerima santri yang sudah berkeluarga.
✅ Sehat jasmani dan rohani, dengan melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas.
✅ Lulus tes tertulis dan wawancara.
✅ Mengisi Surat Pernyataan dari Ma'had.
✅ Sanggup mematuhi tata tertib Ma'had diantaranya:Tidak membawa Hp,Laptop,Mp3-4,Smartphon dan sejenisnya.
✅ Membawa dan menyerahkan :
🔹 FC Kartu Keluarga, Akte Kelahi…

RIS


Radio Ittiba'us Salaf Sumpiuh