Meniti Jejak Salafus Shaleh

Audio Kajian

Tauhid

Aqidah

Pemuda

Muslimah

Tanya Jawab

Post Page Advertisement [Top]

Pertanyaan:
Asalamu'alaikum warohmatullah. Orang yang terkena penyakit kencing tak tuntas, setiap selesai kencing selalu ada yang bocor terutama jika buang air kecil sebelum sholat, jadi ketika ruku' atau sujud ada air yang turun tapi biasanyahanya terjadi di roka'at 1, ini sholatnya batal batal atau ada keringanan?

Sebelum pertanyaan ini kami sampaikan ke Asatidzah kami mengajukan pertanyaan ke penanya, berikut pertanyaan dari kami selaku admin web:
Tetapi apakah ketika ia membatalkan sholat lalu berwudhu dan mengulang sholat hal tersebut (kencing tak tuntas) terjadi lagi?

Penanya menjawab:
Tidak

Maka berikut jawaban dari Ustadz Ali Mahdi:
Insyaa Allah ini was-was syaithon , hendaknya diabaikan saja. Para ulama memberikan solusi agar selesai kencing kemaluannyadiciprati air agar ketika ada yang menetes dia yakin itu air percikan tadi. Wallohu a'lam.

Mengutip dari situs Asy Syariah dari pertanyaan yang mirip ( sumber: https://asysyariah.com/tanya-jawab-ringkas-edisi-85/ ), berikut pertanyaannya:
Bismillah. Jika seseorang menderita kelainan sulit tuntas dari najis, sehabis kencing tidak langsung bersih, akan keluar beberapa titik air berkali-kali, butuh waktu belasan menit atau lebih untuk bersih atau tuntas. Jika hal ini terjadi pada waktu didirikan shalat jamaah, apakah dibenarkan untuk tidak berangkat ke masjid berjamaah? karena menunggu tuntas dari najis yang cukup lama?

Jawaban dari Ustadz Muhammad as-Sarbini:
Ya, hal itu adalah udzur untuk meninggalkan sholat berjamaah.

Sedikit tambahan:
Alangkah baiknya ketika kita mengalami hal tersebut kita memastikan dengan konsultasi kepada ahli kesehatan, karena memang ada beberapa keadaan yang bisa menyebabkan hal tersebut (kencing tak tuntas) menurut ilmu medis dan Insyaa Allah ada solusinya. Dan jikalau hal tersebut (kencing tak tuntas) tidak menemukan solusinya Insyaa Allah ada keringanan atasnya.

barakallahu fiikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon tidak menggunakan emoticon dalam menulis komentar, Barakallahu fiikum.

Bottom Ad [Post Page]

| Original Designed by Colorlib | Design Retouchedd by AI Project